AURORA BOREALIS

00.56.00 Unknown 0 Comments



Ketika pertama kali mendengar kata Aurora saya tidak tahu artinya apa, saya kira aurora itu seperti aura pada tubuh manusia. Tetapi kemudian teman saya yang berasal dari Norwegia menjelaskan bahwa Aurora itu cahaya yang kadang terlihat diatas langit Negara-negara yang berada di Kutub Utara dan Selatan pada malam hari . Saya pun saat itu hanya terdiam karena di Indonesia pun banyak kok cahaya di langit saat malam hari, seperti cahaya lampu haha.. tetapi kemudian saya hanya terdiam karena tiba-tiba dia menunjukkan sebuah foto pada ipad nya, saya pun tercengang saat itu, cahaya yang diperlihatkan sungguh indah, warnanya dominan kehijauan tetapi ada juga sedikit merah dan birunya. Dan bentuknya pun sangat menawan, exsperif begitu orang bule bilang.

Traveling - Norwegia

                Saya pun tidak sabar untuk mengetahui lebih jauh tentang Aurora yang nama lengkapnya Aurora Borealis, orang –orang juga sering memanggilnya dengan sebutan The Northern Light, Cahaya dari Utara. Setibanya di kamar, langsung saya buka google dan menemukan arti dari aurora, ringkasnya adalah :
“ Aurora adalah tampilan alami cahaya di langit  terutama terlihat di lintang tinggi (Kutub Utara dan Antartika) cahaya ini disebabkan oleh kosmik sinar, angin surya dan plasma magnetosfer berinteraksi dengan atmosfer atas (termosfer / eksosfer). Partikel bermuatan elektron dan proton, memasuki atmosfer dari atas menyebabkan ionisasi dan eksitasi konstituen atmosfer, dan emisi cahaya konsekuen. Proton insidental juga dapat menghasilkan emisi sebagai atom hidrogen setelah mendapatkan sebuah elektron dari atmosfer.”

Nah pusing kan ? saya juga ngak bisa menguraikan dengan kata-kata simple apa sebenarnya aurora itu, kalo menurut saya sih aurora itu cahaya yang disebabkan oleh partikel matahari yang lepas dan bertemu dengan partikel di atas kutub utara dan antartika ( entah namanya apa)  setelah mereka bertemu, terjadilah cahaya ini. Cukup simple kan ? kalau mau lebih jelas, di internet banyak sekali penjelasan dari Aurora Borealis ini. Salah satu nya disitus ini http://www.northernlightscentre.ca/northernlights.html

Menurut situs ini, aurora itu terdapat sekitar 80 km diatas permukaan bumi. Jauh ya..

Traveling - Norwegia


DIMANA TEMPAT TERBAIK UNTUK MELIHAT AURORA BOREALIS?

Northern Lights dapat dilihat di belahan bumi utara atau selatan, bentunya tidak teratur  tetapi seperti oval dan berpusat di setiap kutub magnet. Biasanya mereka berbentuk sama antara yang dikutub utara dan selatan,

Karena fenomena yang terjadi di dekat kutub magnet, Aurora  telah dilihat sampai  New Orleans .Namun tempat terbaik untuk menyaksikan-nya berada di bagian barat laut Kanada, terutama Yukon, Nunavut, Northwest Territories dan Alaska. Menampilkan aurora juga bisa dilihat melalui ujung selatan Greenland dan Islandia, pantai utara Norwegia dan atas perairan pesisir utara Siberia..

Daerah yang benar-benar gelap dan tidak ada polusi lampu adalah tempat yang sangat ideal melihat Aurora Borealis.
Traveling - Norwegia


KAPAN WAKTU TERBAIK UNTUK MELIHAT AURORA BOREALIS?

Periode terbaik melihat Aurora Borealis adalah tahun 2013 lalu, tetapi periode ini akan berulang lagi 11 tahun lagi menurut peneliti-peneliti ilmiah.
Musim dingin di belahan bumi utara umumnya merupakan musim yang baik untuk melihat Aurora.
Waktu gelap yang panjang  dan frekuensi malam yang jelas memberikan kesempatan yang baik untuk menonton  Aurora.
Biasanya waktu terbaik  untuk melihatnya adalah tengah malam lokal atau sekitar 12 malam.
Tetapi syarat utama untuk melihat Aurora adalah ketika langit malam benar-benar bersih dan tidak ada awan yang menutupi, cirinya ketika kita melihat bintang-bintang berserakan nah bisa dipastikan sang Aurora akan muncul.
Traveling - Norwegia


Aurora Borealis juga banyak menyimpan cerita-cerita rakyat atau legenda. Waktu saya mendampingi tour di Norwegia, para guide mengatakan bahwa cahaya Aurora sering dipakai oleh para orang tua untuk menakuti anak-anak mereka supaya pergi tidur awal. Karena mereka meyakini bahwa cahaya ini adalah roh-roh dari manusia yang telah meninggal dan ingin memanggil orang-orang yang masih hidup untuk diajak serta kealam baka.
Ada juga legenda dalam mitos Romawi, Aurora adalah dewi fajar.
Banyak pula kelompok memiliki legenda tentang Aurora ini . Pada abad pertengahan, aurora dipandang sebagai pertanda perang atau kelaparan.
The Menominee Indian Wisconsin percaya bahwa lampu menunjukkan lokasi raksasa  . Inuit dari Alaska percaya bahwa Aurora adalah roh binatang yang mereka buru.
Penduduk asli lainnya percaya bahwa Aurora adalah roh orang-orang mereka. Dan masih banyak legenda-legenda yang lainnya.

Untuk menyaksikan Aurora tidak lah dibutuhkan alat yang khusus, siapa saja bisa melihatnya dengan mata telanjang. Tetapi untuk mengambil gambarnya yang sedikit butuh keahlian karena cahaya yang kita akan foto sangatlah tipis dan kadang kala bergerak cepat. Jadi diperlukan alat dan teknik meskipun tidaklah terlalu susah, untuk tipsnya sudah saya tulis di postingan saya yang terdahulu.