Mengejar Aurora di langit Norwegia

01.40.00 Unknown 0 Comments

Mengejar Aurora di langit Norwegia 
Bagian 1

Norwegia - traveling

Ketika kapal kami menuju ke Norwegia pada bulan Februari tahun 2012, saya dan teman crew lainnya banyak yang bertanya tanya tentang tujuan para tamu untuk berkunjung ke sini.
Karena selain cuaca dingin yang extrem juga banyak obyek pariwisata yang tidak dibuka di musim dingin. Kalau di musim panas, Norwegia merupakan destinasi favorit dunia, bentangan alamnya memang  indah, fjord yang mengalir sampai masuk ke daratan, bukit yang menghijau dan juga sungai yang jernih yang berasal dari aliran glasier yang mencair.
Meski berada dekat dengan kutub utara yang dingin, kami biasanya jalan jalan ( bila sedang istirahat ) tanpa mengenakan baju tambahan lagi di musim panas karena cuaca nya yang nyaman.
Norwegia memang merupakan salah satu tempat favorit kami untuk jalan jalan bila punya kesempatan selain pemandangan yang indah dan bersih  di salah satu port yang bernama "Olden" kami biasanya dapat menyewa sepeda untuk berkeliling desa dengan harga yang sangat murah.
o ya, di Norwegia itu surganya free wifi dengan speed yang super duper cepat, biasanya setiap port letaknya tidak jauh dengan Perpustakaan lokal, disinilah kami biasanya nongkrong, dengan bermodal keberanian untuk minta pasword, jadi deh browsing dengan kecepatan super dan tentunya berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia.

Saat itu kapal MV Boudicca memulai perjalanan dari sebuah seaport di kota Newcastle Inggris,
Ketika embarkasi dimulai,  cuaca sangat tidak bersahabat, langit di Inggris terlihat hitam dan hujan tidak berhenti sepanjang hari.
Tamu yang berdatangan pun seakan terbawa suasana dan berwajah tidak bersemangat, padahal tujuan mereka cruising adalah bersenang-senang.

Hari- hari pun berlalu dengan agak lambat karena cuaca diluar sangatlah dingin. hanya sedikit tamu yang keluar untuk menikmati suasana di deck.
Hingga tiba saatnya ketika kapal kami memasuki perairan Norway pada malam hari. meskipun cuaca sangat dingin, tetapi banyak sekali tamu yang rela berdiri diluar sambil menatap ke langit.
saya akui saat itu langit sangatlah bersih, bintang berserakan di langit, terang bulan purnama menambah terang suasana.
ternyata tamu kapal saat itu menunggu datangnya Aurora, atau biasa mereka sebut dengan The Northern Light. Saya pun hanya pernah mendengar tentang aurora dari teman-teman sesama photographer.
Setelah menunggu lumayan lama,  yang kami tunggu pun datang, cahaya kehijauan tampak dikejuhan, Pertama-tama kelihatan sangat lah tipis. saya pun ternganga dibuatnya, lama kelamaan cahaya itu semakin menebal dan membentuk suatu silouette di kejauhan...
Suasananya saat itu sangatlah mencekam, tidak ada satu pun dari ratusan tamu yang berada diatas dek mengeluarkan suara, kami semuanya sangat terpesona oleh cahaya di langit itu.

Baru setelah beberapa saat, kami mulai mengambil photo Aurora. untuk mengambil photo cahaya ini boleh dibilang sulit, diperlukan beberapa peralatan untuk bisa mengambil photonya.
apalagi ketika kapal kami sedang melaju, cahaya ini juga terlihat ikut melaju.
berikut foto-foto yang berhasil saya ambil di hari pertama cruising itu.

Aurora Borealis - Norwegia - Traveling


Norwegia - Traveling

Norwegia - Traveling


Norwegia - Traveling

Norwegia - Traveling